Irit Air di tempat kita

Sebagian dari kita pastinya pernah mengalami tidak ada air di tempat tinggalnya. Bisa karena perusahaan air di kota tidak punya cukup pasokan akibat kemarau, kebocoran pipa, pemeliharaan rutin, atau bisa juga karena pompa di tempat kita rusak sehingga tidak bisa menarik air ke keran, atau lainnya.

Bagi yang pernah merasakan itu, pasti tau segimana sulitnya beberapa jam tanpa air mengalir. Mandi susah, cuci piring susah, cuci tangan susah, buang air kecil apalagi besar susah, siram tanaman susah. Langsung berasa diingetin lagi bahwa selama air mengalir dengan lancar seringkali menghamburkannya, tidak menggunakannya dengan bijak.

Langsung keingetan bahwa air adalah elemen yang sangat krusial dalam keseharian kita. Selama ini menggunakan air tanpa berpikir ke sana. Karena setiap butuh tinggal buka keran. Kebanyakan waktu air itu ada.

Saya merupakan sebagian dari yang beruntung masih mendapat pasokan air yang lancar. Di luar sana ternyata ada 2,2 milyar manusia hidup tanpa akses untuk air bersih. Ga bisa kebayang gimana mereka melewatkan setiap harinya. Sementara di bagian lain dari dunia mereka banjir di mana-mana dan tidak bisa dimanfaatkan airnya pula.

Beberapa cara untuk mengirit penggunaan air dan bisa dilakukan siapapun di manapun:

  1. Matikan keran ketika sedang sikat gigi, cuci tangan, dsb
  2. Persingkat waktu mandi di bawah pancuran air
  3. Simpan air hujan
  4. Perbaiki keran bocor
  5. Cuci piring dengan sistem double dip. Satu wadah isi sabun dan air. Satu wadah untuk membilas.
  6. Dual flush toilet
  7. Gunakan biopori untuk mengompos sampah sisa makanan sekaligus menyerap air

Leave a comment